HUMAN COMPUTER-INTERACTION



Human-Computer Interaction: Overview on State of the Art 

Menurut Fakhreddine Karray, Milad Alemzadeh dan Jamil Abou Salehpada modulnya yang berjudul Human-Computer Interaction: Overview on State of the Art Perkembangan teknologi dari waktu kewaktu terus berkembang, sudah banyak dijaman sekarang pengembang-pengembang komputer atau perangkat lainnya yang mendukung kinerja manusia dalam melakukan aktifitasnya, perkembangan HCI juga perlu mengikuti aspek prilaku manusia jaman sekarang karna manusia dimasa kini perlu suatu teknologi yang memudahkannya membawanya kemanapun dia membutuhkan, karna kita dipaksa untuk lebih efisinen dalam bekerja dimansa kini. tentu saja dalam pemilihan teknologi untuk menunjang kinerja yang lebih baik sangat diperlukan.

HCI Teknologi yang ada dimasa kini :

Aktifitas pengguna memiliki 3 tingkatan yang berbeda,antara lain adalah :

1. Fisik, fisik itu sendiri adalah menentukan antara interaksi fisik manusia dengan komputer itu sendiri
2. Kognitif, adalah cara pengguna komputer itu berhubungan dengan sistem yang terdapat pada komputer serta memahaminya maupun menjalankan sistemnya.
3. Efektif, efektif adalah dimana dari penggunaan komputer/sistem tersebut yang mudah serta membuat pengalaman pengguna yang menyenangkan dalam menggunakan teknologi tersebut.


Contoh dari perangkat HCI yang ada dimasa kini adalah yang mengandalkan penglihatan manusia adalah seperti keyboart, tablet grafis dan lain sebagainya yang kita dapat lihat dan sentuh/merasakannya.


Kemajuan terbaru dalam HCI :

1.     HCI yang cerdas dan adaptif

Meskipun banyak perangkat saat ini yang yang masih berupa perintah saja dan disain antar muka yang menarik sudah sangat cerdas dan adaptif dalam teknologi ini yang sudah memudahkan kita dalam menggunakannya, seperti yang ada saat ini disain HCI sangat mempengaruhi penggunaan ataupu daya pikat pengguna untuk menggunakan suatu prangkat HCI dari cara pakainya dan juga disainnya yang menarik untuk digunakan. Faktor penting dalam desain dan pengembangan dari HCI itu sendiri harus memperhatikan penggunaan kecerdasan dalam pembuatan antar muka(Intelligent HCI) dan kecerdasan HCI berinteraksi dengan pengguna(Adaptive HCI).

2.       Komputasi dan kecerdasan Ambient  

Dimasakini terjadi kesalahan didalam penelitian HCI, Syarat
yang sering digunakan secara bergantian oleh intelijen ambien dan komputasi meresap, mengacu Metode utama interaksi manusia-komputer yaitu penghapusan desktop danEmbedding komputer di lingkungan sehingga menjadi tak terlihat oleh manusia saat Mengelilingi mereka dimana-mana maka terjadilah istilah ambien. Gagasan komputasi di mana-mana pertama kali diperkenalkan oleh Mark Weiser selama masa jabatannya sebagaiKepala teknolog di Laboratorium Ilmu Komputer di Xerox PARC pada tahun 1998.

3.     Arsitektur Sistem HCI :

Faktor terpenting dari desain HCI adalah konfigurasinya. Sebenarnya, antarmuka yang diberikan pada umumnya adalahdidefinisikan oleh jumlah dan keragaman input dan output yang diberikannya. ArsitekturDari sistem HCI menunjukkan apa input dan output ini dan bagaimana mereka bekerja sama.

4.     Sistem HCI Unimodal :

Seperti yang dijelaskan diatas, interaksi antarmuka itu tergantung pada jumlah dan keragaman input/pemasukan(interaksi pengguna dengan computer) dan outputnya/hasil dari inputnya.Masing-masing saluran tunggal independen yang berbeda disebut modalitas. Sistem yang didasarkan pada satu modalitas disebut unimodal. 

Berdasarkan sifat yang berbeda Modalitas, mereka dapat dibagi menjadi tiga kategori:

1. Berbasis Visual
Interaksi komputer berbasis komputer visual mungkin adalah area yang paling luas di penelitian HCI,Peneliti mencoba mengatasi berbagai aspek respon manusia sebagai berikut :

1. Analisis Ekspresi Wajah
2. Pelacakan Gerakan Tubuh (Skala Besar)
3. Pengakuan Gesture
4.Deteksi Perhatian (Eyes Movement Tracking)

2. Berbasis Audio
Interaksi berbasis audio antara komputer dan manusia merupakan bidang penting lainnyaSistem HCI Area ini berhubungan dengan informasi yang didapat oleh berbagai sinyal audio.. Bidang penelitian di bagian ini dapat dibagi menjadi beberapa bagian berikut:

1. Pengenalan suara
2. Pengakuan Speaker
3. Analisis Emosi
4. Deteksi Kebisingan / Deteksi Buatan Manusia (tertawa, Sedih, Menangis, dll.)
5. Interaksi Musik

3. Berbasis Sensor

Bagian ini merupakan kombinasi dari berbagai area dengan berbagai macam aplikasi Itu adalah Kesamaan dari daerah yang berbeda ini adalah setidaknya satu sensor fisik digunakan antara pengguna Dan mesin untuk memberikan interaksi Sensor seperti yang ditunjukkan di bawah ini bisa sangat primitive Atau sangat canggih :

1. Interaksi Pena Berbasis
2. Mouse & Keyboard
3. Joystick
4. Motion Tracking Sensors dan Digitizers
5. Sensor Haptic
6. Sensor Tekanan
7. Rasa / Bau Sensor

Beberapa sensor ini telah ada selama beberapa saat dan beberapa di antaranya sangat baruTeknologi.


Sistem HCI Multimodal :

Istilah multimodal mengacu pada kombinasi beberapa modalitas. Dalam sistem MMHCI(Multimodal HCI) iniModalitas sebagian besar mengacu pada cara system merespons masukan, yaitu komunikasi Saluran. Definisi saluran ini diwariskan dari jenis Komunikasi manusia yangpada dasarnya indranya: melihat, mencium, mendengar, merasakan, menyentuh. Itu juga mungkin interaksi dengan mesin, namun tidak terbatas pada jenis ini.

Aplikasi :

Contoh klasik dari sistem multimodal adalah sistem demonstrasi "Put That There".
Sistem ini memungkinkan seseorang untuk memindahkan objek ke lokasi baru pada peta di layer Mengatakan "letakkan itu di sana" sambil menunjuk ke objek itu sendiri lalu menunjuk yang diinginkantujuan.

Contoh dari aplikasi multimodal :

1. Smart Video Conferencing
2. Rumah / Kantor Cerdas
3. Driver Monitoring
4. Game Cerdas
5. E-Commerce
6. Membantu Penyandang Cacat

Kesimpulan :

Interasik manusia dengan computer sangatlah penting dari desain maupun system computer karna system juga perlu manusia dan juga computer itu sendiri untuk menjalan suatu perintah atau program serta kualitan dari pengoprasian dari system itu sendiri juga tergantung dari sipengguna atau manusia. Oleh Karena itu desain dan juga bentuk dari system sangat diperlukan untuk pengembangan yang lebih baik dalam HCI agar hasil dari penelitian dan pengembangan tersebut menjadi lebih cerdas dan juga lebih mudah.












Human-Computer  Interaction And Information Management Research Needs


Menurut NITRD pada laporannya yang berjudul Human-Computer  Interaction And Information Management Research Needs Dalam masa depan yang visioner, Human-Computer Interaction (HCI) dan Information Management (IM)Memiliki potensi untuk memungkinkan manusia mengelola kehidupan mereka dengan lebih baik melalui penggunaan sinergisSistem informasi yang diberdayakan manusia-komputer. Hal ini menunjukkan butuhnya manusia untuk berinteraksi dengan computer.


Perlunya Manusia menggunakan Sistem Komputasi :

Selama jutaan tahun, manusia telah menggunakan alat untuk memudahkan tugas yang harus mereka lakukan agar dapat melakukannyabertahan. Istilah "komputer" dan "sistem komputasi" digunakan secara bergantian sepanjang inidokumen. Istilah ini mencakup node komputasi individual, memori, penyimpanan,Visualisasi perangkat keras tujuan khusus lainnya, dan perangkat lunak yang mengoperasikannya. Mereka termasukDesktop, laptop, workstation, grid komputasi, superkomputer, personal digital pribadiAsisten, sensor jaringan dan aktuator, dan komputer berdaya rendah di satelit.Langkah awal dalam interaksi manusia-komputer. 


Saat ini manusia memakaiKomputer untuk berkomunikasi, berinteraksi, dan berbagi dengan beragam cara:

1. Menulis dan berbicara satu sama lain
2. Untuk bertukar artefak kepentingan pribadi seperti foto, musik, dan video
3. Untuk bertukar artefak yang digunakan di tempat kerja seperti file teks, gambar, danVisualisasi

Yang digunakan dalam sistem komputasi :

Dalam waktu 50 tahun, system komputasi sudah banyak digunakan dibanyak hal untuk menunjang pebutuhan manusia. Diantara banyaknya bidang yang diperlukan dan digunakan ada bidang yang paling penting dan sangat sering digunakan dalam perintahan :

1. Pertahanan nasional dan keamanan nasional
2. Keamanan dalam negeri
3. Operasi dan perlindungan infrastruktur
4. Tempat kerja
5. Pendidikan dan Pelatihan
6. Manajemen catatan keuangan, personalia, dan klien
7. Kesehatan
8. Manufaktur
9.Penelitian dan pengembangan dalam sains, teknik, dan teknologi.

Manusia menggunakan sistem komputasi untuk akses data dan Informasi :

Manusia dan komputer menggunakan data dan informasi secara berbeda. Perbedaan ini memiliki dua aspek:
1. Berupa data atau informasi dan pengolahan yang diterapkan pada data atau informasi.
2. Konten berbasis komputer harus disajikan kepada manusia dalam bentuk yang berbeda dari internalBentuk komputer, dan manusia memproses informasi itu dengan cara yang berbeda dari pada komputer. 
3. Memahami kemampuan fungsional dan keterbatasan sistem komputasi dan manusia,Kita bisa menciptakan dunia on-line yang paling sesuai dengan kebutuhan manusia.


Manusia menggunakan Data dan informasi :

Penting manusia untuk menggunakan data dan informasi yang ada ini untuk memungkinkan manusia tau akan perkembangan yang sedang terjadi, Manusia menggunakan data dan informasi untuk:
1. Memahami dan belajar tentang dunia dari pengamatan langsung.
2. Memahami dan belajar tentang dunia dari artefak (misalnya artefak off-line semacam ituSeperti buku dan patung, dan data dan informasi - termasuk representasi digitalBuku dan pahatan - dalam artifak on-line).
3. Buat informasi baru.
4. Membuat keputusan.
5. Proses pengendalian (seperti pengoperasian pembangkit listrik tenaga nuklir).
6. Berkomunikasi dengan orang lain.
7. Berkomunikasi dengan sistem komputasi.
9. Bagikan apa yang telah mereka pelajari dan ciptakan dengan orang lain.
10. Jelaskan, informasikan, dan ajarkanManusia memproses informasi melalui indera mereka.

Sistem komputasi menggunakan Data dan Informasi :

Operasi yang dilakukan komputer, entah numerik atau logis, ditentukan oleh manusia.
Input ke dan output dari operasi ini adalah bit (kadang-kadang diatur dalam byte) itu
Telah dibuat secara digital atau dikonversi dari bentuk lain. Input dan outputnya bisa
Berupa Data atau informasi, dimana komputer tahu dimana harus mencari lokasinya
Secara eksplisit (oleh sebuah program komputer yang diciptakan oleh manusia).

Manusia dan sistem komputasi bekerja dengan baik :

Baiknya kinerja system komputasi dengan manusia atau sebaliknya tergantung bagaimana system komputasi dengan kenyamanan dan desainnya dan juga dari manusia dengan cara menggunakannya dan juga kenyamanan juga dari manusia yng menggunakannya. Jadi pengetahuan dari manusia perlu juga untuk menunjang baiknya kinerja komputasi dan juga sebaliknya.

Kebutuhan, menciptakan informasi, organisasi, akses dan penggunaan dalam HCI dan IM :

Tingginya kebutuhan manusia terhadap data dalam HCI tentu menjadikanya sebagai aset dari pengelolaan dan informasi data. Karna dari yang kita ketahui teknologi dimasa kini sangatlah komplek dengan banyak kebutuhan manusia yang sudah ada di dalam HCI itu sendiri.

Metode Evaluasi dan Matrix :

HCI dan IM tentunya perlu evaluasi atau perbaikan dari waktu kewaktu untuk menutupi kekurangan atau membuat perkembangan baru dalam teknologi, jadi itu bisa dikatakan matrix karna dari waktu-kewaktu perubahan bentuk dan juga fungsinya pasti akan terjadi.

Kesimpulan :

Pemanfaatan HCI dan IM sangat diperlukan untuk menunjang kerja dan juga pengambilan maupun melihat data dan informasi yang ada di sistem. Kenyamanan dari penggunaan data dan juga aksses informasi sangat diperlukan.





Design-Oriented Human—Computer Interaction

Menurut Daniel Fallman pada laporannya yang berjudul Design-oriented Human—Computer InteractionInteraksi Manusia Komputer (HCI) telah muncul sebagai inti utama dalam penelitian yang berkaitan dengan komputer yang tampaknya memliliki desain baru teknologiinformasi, interaksi, dan komunikasi.

Berorientasi Desain :
Desaintidak lagi seperti pertukangan karna secara sadar bertujuan untuk menciptakan dan memberikan bentuk artefak yang sebelumnya tidak ada. Dengan demikian, pada tingkat tinggi abstraksi, orientasi design adalah tentang menjadi proaktifdalam penelitian seseorang.

Tiga akun tentang apakah itu desain :
Mengambil dari sikap berorientasi desain memiliki sejumlah implikasi dalam penelitianIMK yang baik dirasakan dan dilakukan, yang melampaui definisi awal. Untukmengungkapkan beberapa implikasi ini, akan sangat membantu untuk beralih ke teori desain.
Berikut akunnya :

Akun Konservatif
Menurut desain akun ini, proses desain seharusnya maju secara bertahap dari abstrak(spesifikasi persyaratan) ke kongkrit (menghasilkan artefak).

Akun Romantik
Tidak seperti konservatif, desain akun romantis memberikan keunggulan untuk perandesainer. Akun ini memelihara gagasan 'jenius kreatif', warisan Pencerahan, sebagai reaksi terhadap rasionalisme paradoks intrinsik romantisme sebagai sebuah gerakan.
 
Akun Pragmatis
Menurut akun pragmatis, desain adalah tentang yang terlibat langsung dalam situasidesain tertentu. Hal ini menyatakan bahwa desain selalu dilakukan di suatu tempat pada khususnya. 

Hubungan antara penelitian dan desain :
Desain memiliki peran untuk bermain di hampir setiap bagian dari penelitianjuga dalam upaya yang tidak secara eksplisit berorientasi desain. Hal ini melibatkanpeneliti dalam merancang populasi subjek, merancang variabel independen dandependen, dan kadang-kadang juga merancang lingkungan di mana eksperimenberlangsung. 

Batas Desain sebagai Ilmu :
Dari perspektif desain sistem interaktif, meniru ilmu-ilmu alam tampaknya menjadi pendekatan yang benar. ilmu komputer umumnya dianggap sebagai ilmu alam,karena algoritma komputer dapat dipelajari dan diuji dengan cara yang sama seperti misalnya rumus matematika, hukum alam, atau zat kimia.

Batas Desain sebagai Proses Transparan :
Sebuah proses desain berulang masih melibatkan desainer di seluruh tiga proses analisis,sintesis, dan evaluasi, tetapi tidak melakukannya secara linear. Menambahkan iterasimetode desain konservatif diperlukan karena masalah jelas yang dihadapi desainer ketikamencoba untuk menggunakannya;

Sketsa sebagai desain prototip :
Untuk lebih baik menangkap dan memahami sifat pekerjaan desain, menjadi perlu untuk mempertimbangkan apa yang ada di tulisan ini.diusulkan sebagai kegiatan archetypical dilakukan di semua pekerjaan desain, yaitumembuat sketsa. Di sini, sketsa tidak akan dianggap sebagai alat, teknik, atau keterampilan utama yang berguna yang tersedia untuk desainer, melainkan sebagai cara di manadesainer berpikir.

Sketsa sebagai Pemikiran Desain :
Teori desain biasanya memisahkan jenis sketsa yang kita akan pedulikan dengan yang akan terjadi terutama di bagian awal desain dan dibayangkan sebagai terutama alat untukberpikirdan gambar yang diproduksi di tahap-tahap selanjutnya, untuk komunikasi publik dan sebagai alat bantu presentasi. 

Prototyping, Sketsa IMK :
Untuk keberhasilan sketsa, faktor yang sering dikatakan adalah bahwa dalam bentuk dasarnya memerlukan sangat sedikit dalam hal dukungan teknologi (pada kenyataannya,hanya pena dan kertas)

Peran desain dalam penelitian IMK : 
Desain merupakan pendekatan mapan dan luas dalam penelitian IMK, tapi satu yang cenderung menjadi tersembunyi di bawah teori akan ketergantungan konservatif adalah data lapangan, pengujian pengguna, dan evaluasi yang ketat.

Kesimpulan :
Desain IMK akan terus berkembang dari waktu kewaktu secara teknologi yang terus berkembang . penelitian dalam IMK harus bisa dibedakan dan harus memenuhi kriteria dalam pembuatan desain maupun penelitiannya.



Peringkas : Novitaa Dewi ARS

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Digital Divide, Digital Inequaity, Knowledge Divide, Digital Literacy, Information Literacy

Sejarah Komputer dari generasi ke generasi

Mobile Computing