HUMAN COMPUTER-INTERACTION
Human-Computer Interaction: Overview on State of the Art
Menurut Fakhreddine Karray, Milad Alemzadeh dan Jamil Abou Salehpada modulnya yang berjudul Human-Computer
Interaction: Overview on State of the Art Perkembangan teknologi dari
waktu kewaktu terus berkembang, sudah banyak dijaman sekarang
pengembang-pengembang komputer atau perangkat lainnya yang mendukung kinerja
manusia dalam melakukan aktifitasnya, perkembangan HCI juga perlu mengikuti
aspek prilaku manusia jaman sekarang karna manusia dimasa kini perlu suatu
teknologi yang memudahkannya membawanya kemanapun dia membutuhkan, karna kita
dipaksa untuk lebih efisinen dalam bekerja dimansa kini. tentu saja dalam
pemilihan teknologi untuk menunjang kinerja yang lebih baik sangat diperlukan.
HCI Teknologi yang ada dimasa kini :
Aktifitas pengguna memiliki 3 tingkatan yang berbeda,antara lain
adalah :
1. Fisik, fisik itu sendiri adalah menentukan antara interaksi
fisik manusia dengan komputer itu sendiri
2. Kognitif, adalah cara pengguna komputer itu berhubungan dengan
sistem yang terdapat pada komputer serta memahaminya maupun menjalankan
sistemnya.
3. Efektif, efektif adalah dimana dari penggunaan komputer/sistem
tersebut yang mudah serta membuat pengalaman pengguna yang menyenangkan dalam
menggunakan teknologi tersebut.
Contoh dari perangkat HCI yang ada dimasa kini adalah yang
mengandalkan penglihatan manusia adalah seperti keyboart, tablet grafis dan
lain sebagainya yang kita dapat lihat dan sentuh/merasakannya.
Kemajuan terbaru dalam HCI :
1.
HCI
yang cerdas dan adaptif
Meskipun banyak perangkat saat ini yang yang masih berupa perintah
saja dan disain antar muka yang menarik sudah sangat cerdas dan adaptif dalam
teknologi ini yang sudah memudahkan kita dalam menggunakannya, seperti yang ada
saat ini disain HCI sangat mempengaruhi penggunaan ataupu daya pikat pengguna
untuk menggunakan suatu prangkat HCI dari cara pakainya dan juga disainnya yang
menarik untuk digunakan. Faktor penting dalam desain dan pengembangan dari HCI
itu sendiri harus memperhatikan penggunaan kecerdasan dalam pembuatan antar
muka(Intelligent HCI) dan kecerdasan HCI berinteraksi dengan pengguna(Adaptive
HCI).
2.
Komputasi dan kecerdasan Ambient
Dimasakini
terjadi kesalahan didalam penelitian HCI, Syarat
yang
sering digunakan secara bergantian oleh intelijen
ambien dan komputasi meresap, mengacu Metode utama interaksi
manusia-komputer yaitu penghapusan desktop danEmbedding komputer di lingkungan
sehingga menjadi tak terlihat oleh manusia saat Mengelilingi mereka dimana-mana
maka terjadilah istilah ambien. Gagasan komputasi di mana-mana pertama kali
diperkenalkan oleh Mark Weiser selama masa jabatannya sebagaiKepala teknolog di
Laboratorium Ilmu Komputer di Xerox PARC pada tahun 1998.
3.
Arsitektur
Sistem HCI :
Faktor terpenting dari
desain HCI adalah konfigurasinya. Sebenarnya, antarmuka yang diberikan pada
umumnya adalahdidefinisikan oleh jumlah dan keragaman input dan output yang
diberikannya. ArsitekturDari sistem HCI menunjukkan apa input dan output
ini dan bagaimana mereka bekerja sama.
4.
Sistem
HCI Unimodal :
Seperti
yang dijelaskan diatas, interaksi antarmuka itu tergantung pada jumlah dan
keragaman input/pemasukan(interaksi pengguna dengan computer) dan
outputnya/hasil dari inputnya.Masing-masing saluran tunggal independen yang
berbeda disebut modalitas. Sistem yang didasarkan pada satu modalitas
disebut unimodal.
Berdasarkan
sifat yang berbeda Modalitas, mereka dapat dibagi menjadi tiga kategori:
1.
Berbasis Visual
Interaksi komputer
berbasis komputer visual mungkin adalah area yang paling luas di penelitian HCI,Peneliti
mencoba mengatasi berbagai aspek respon manusia sebagai berikut :
1. Analisis Ekspresi
Wajah
2. Pelacakan Gerakan
Tubuh (Skala Besar)
3. Pengakuan Gesture
4.Deteksi Perhatian
(Eyes Movement Tracking)
2.
Berbasis Audio
Interaksi berbasis audio
antara komputer dan manusia merupakan bidang penting lainnyaSistem
HCI Area ini berhubungan dengan informasi yang didapat oleh berbagai
sinyal audio.. Bidang penelitian di bagian ini dapat dibagi menjadi
beberapa bagian berikut:
1. Pengenalan suara
2. Pengakuan Speaker
3. Analisis Emosi
4. Deteksi Kebisingan /
Deteksi Buatan Manusia (tertawa, Sedih, Menangis, dll.)
5. Interaksi Musik
3.
Berbasis Sensor
Bagian ini merupakan
kombinasi dari berbagai area dengan berbagai macam aplikasi Itu adalah Kesamaan
dari daerah yang berbeda ini adalah setidaknya satu sensor fisik digunakan
antara pengguna Dan mesin untuk memberikan interaksi Sensor seperti yang
ditunjukkan di bawah ini bisa sangat primitive Atau sangat canggih :
1. Interaksi Pena
Berbasis
2. Mouse & Keyboard
3. Joystick
4. Motion Tracking
Sensors dan Digitizers
5. Sensor Haptic
6. Sensor Tekanan
7. Rasa / Bau Sensor
Beberapa sensor ini
telah ada selama beberapa saat dan beberapa di antaranya sangat baruTeknologi.
Sistem HCI Multimodal :
Istilah multimodal
mengacu pada kombinasi beberapa modalitas. Dalam sistem MMHCI(Multimodal
HCI) iniModalitas sebagian besar mengacu pada cara system merespons masukan,
yaitu komunikasi Saluran. Definisi saluran ini diwariskan dari jenis Komunikasi
manusia yangpada dasarnya indranya: melihat, mencium, mendengar, merasakan,
menyentuh. Itu juga mungkin interaksi dengan mesin, namun tidak terbatas
pada jenis ini.
Aplikasi :
Contoh klasik dari
sistem multimodal adalah sistem demonstrasi "Put That There".
Sistem ini memungkinkan
seseorang untuk memindahkan objek ke lokasi baru pada peta di layer Mengatakan
"letakkan itu di sana" sambil menunjuk ke objek itu sendiri lalu
menunjuk yang diinginkantujuan.
Contoh dari aplikasi
multimodal :
1. Smart Video
Conferencing
2. Rumah / Kantor Cerdas
3. Driver Monitoring
4. Game Cerdas
5. E-Commerce
6. Membantu Penyandang
Cacat
Kesimpulan :
Interasik manusia dengan
computer sangatlah penting dari desain maupun system computer karna system juga
perlu manusia dan juga computer itu sendiri untuk menjalan suatu perintah atau
program serta kualitan dari pengoprasian dari system itu sendiri juga tergantung
dari sipengguna atau manusia. Oleh Karena itu desain dan juga bentuk dari
system sangat diperlukan untuk pengembangan yang lebih baik dalam HCI agar
hasil dari penelitian dan pengembangan tersebut menjadi lebih cerdas dan juga
lebih mudah.
Human-Computer Interaction And Information Management
Research Needs
Menurut NITRD pada laporannya yang berjudul Human-Computer Interaction And Information Management
Research Needs Dalam masa depan yang
visioner, Human-Computer Interaction (HCI) dan Information Management
(IM)Memiliki potensi untuk memungkinkan manusia mengelola kehidupan mereka
dengan lebih baik melalui penggunaan sinergisSistem informasi yang diberdayakan
manusia-komputer. Hal ini menunjukkan butuhnya manusia untuk berinteraksi
dengan computer.
Perlunya Manusia menggunakan Sistem Komputasi :
Selama jutaan tahun,
manusia telah menggunakan alat untuk memudahkan tugas yang harus mereka lakukan
agar dapat melakukannyabertahan. Istilah "komputer" dan
"sistem komputasi" digunakan secara bergantian sepanjang
inidokumen. Istilah ini mencakup node komputasi individual, memori,
penyimpanan,Visualisasi perangkat keras tujuan khusus lainnya, dan perangkat
lunak yang mengoperasikannya. Mereka termasukDesktop, laptop, workstation,
grid komputasi, superkomputer, personal digital pribadiAsisten, sensor jaringan
dan aktuator, dan komputer berdaya rendah di satelit.Langkah awal dalam
interaksi manusia-komputer.
Saat ini manusia memakaiKomputer
untuk berkomunikasi, berinteraksi, dan berbagi dengan beragam cara:
1. Menulis dan berbicara
satu sama lain
2. Untuk bertukar
artefak kepentingan pribadi seperti foto, musik, dan video
3. Untuk bertukar
artefak yang digunakan di tempat kerja seperti file teks, gambar,
danVisualisasi
Yang digunakan dalam sistem komputasi :
Dalam waktu 50 tahun, system komputasi sudah banyak digunakan
dibanyak hal untuk menunjang pebutuhan manusia. Diantara banyaknya bidang yang
diperlukan dan digunakan ada bidang yang paling penting dan sangat sering
digunakan dalam perintahan :
1. Pertahanan nasional
dan keamanan nasional
2. Keamanan dalam negeri
3. Operasi dan
perlindungan infrastruktur
4. Tempat kerja
5. Pendidikan dan
Pelatihan
6. Manajemen catatan
keuangan, personalia, dan klien
7. Kesehatan
8. Manufaktur
9.Penelitian dan
pengembangan dalam sains, teknik, dan teknologi.
Manusia menggunakan sistem
komputasi untuk akses data dan Informasi :
Manusia dan komputer
menggunakan data dan informasi secara berbeda. Perbedaan ini memiliki dua
aspek:
1. Berupa data atau informasi
dan pengolahan yang diterapkan pada data atau informasi.
2. Konten berbasis
komputer harus disajikan kepada manusia dalam bentuk yang berbeda dari
internalBentuk komputer, dan manusia memproses informasi itu dengan cara yang
berbeda dari pada komputer.
3. Memahami kemampuan
fungsional dan keterbatasan sistem komputasi dan manusia,Kita bisa menciptakan
dunia on-line yang paling sesuai dengan kebutuhan manusia.
Manusia menggunakan Data dan
informasi :
Penting manusia untuk
menggunakan data dan informasi yang ada ini untuk memungkinkan manusia tau akan
perkembangan yang sedang terjadi, Manusia menggunakan data dan informasi untuk:
1. Memahami dan belajar
tentang dunia dari pengamatan langsung.
2. Memahami dan belajar
tentang dunia dari artefak (misalnya artefak off-line semacam ituSeperti buku
dan patung, dan data dan informasi - termasuk representasi digitalBuku dan
pahatan - dalam artifak on-line).
3. Buat informasi baru.
4. Membuat keputusan.
5. Proses pengendalian
(seperti pengoperasian pembangkit listrik tenaga nuklir).
6. Berkomunikasi dengan
orang lain.
7. Berkomunikasi dengan
sistem komputasi.
9. Bagikan apa yang
telah mereka pelajari dan ciptakan dengan orang lain.
10. Jelaskan,
informasikan, dan ajarkanManusia memproses informasi melalui indera mereka.
Sistem komputasi menggunakan Data dan Informasi :
Operasi yang dilakukan
komputer, entah numerik atau logis, ditentukan oleh manusia.
Input ke dan output dari
operasi ini adalah bit (kadang-kadang diatur dalam byte) itu
Telah dibuat secara
digital atau dikonversi dari bentuk lain. Input dan outputnya bisa
Berupa Data atau
informasi, dimana komputer tahu dimana harus mencari lokasinya
Secara eksplisit (oleh
sebuah program komputer yang diciptakan oleh manusia).
Manusia dan sistem komputasi bekerja dengan baik :
Baiknya kinerja system
komputasi dengan manusia atau sebaliknya tergantung bagaimana system komputasi
dengan kenyamanan dan desainnya dan juga dari manusia dengan cara menggunakannya
dan juga kenyamanan juga dari manusia yng menggunakannya. Jadi pengetahuan dari
manusia perlu juga untuk menunjang baiknya kinerja komputasi dan juga
sebaliknya.
Kebutuhan, menciptakan informasi, organisasi, akses dan penggunaan
dalam HCI dan IM :
Tingginya kebutuhan
manusia terhadap data dalam HCI tentu menjadikanya sebagai aset dari
pengelolaan dan informasi data. Karna dari yang kita ketahui teknologi dimasa
kini sangatlah komplek dengan banyak kebutuhan manusia yang sudah ada di dalam
HCI itu sendiri.
Metode Evaluasi dan Matrix :
HCI dan IM tentunya
perlu evaluasi atau perbaikan dari waktu kewaktu untuk menutupi kekurangan atau
membuat perkembangan baru dalam teknologi, jadi itu bisa dikatakan matrix karna
dari waktu-kewaktu perubahan bentuk dan juga fungsinya pasti akan terjadi.
Kesimpulan :
Pemanfaatan HCI dan IM
sangat diperlukan untuk menunjang kerja dan juga pengambilan maupun melihat
data dan informasi yang ada di sistem. Kenyamanan dari penggunaan data dan juga
aksses informasi sangat diperlukan.
Design-Oriented Human—Computer
Interaction
Menurut Daniel
Fallman pada laporannya yang berjudul Design-oriented
Human—Computer InteractionInteraksi Manusia Komputer (HCI) telah
muncul sebagai inti utama dalam penelitian yang berkaitan dengan
komputer yang tampaknya memliliki desain
baru teknologiinformasi, interaksi, dan komunikasi.
Berorientasi
Desain :
Desaintidak lagi seperti pertukangan karna secara
sadar bertujuan untuk menciptakan dan
memberikan bentuk artefak yang sebelumnya tidak ada. Dengan
demikian, pada tingkat tinggi abstraksi, orientasi
design adalah tentang menjadi proaktifdalam penelitian seseorang.
Tiga
akun tentang apakah itu desain :
Mengambil dari sikap berorientasi
desain memiliki sejumlah implikasi dalam penelitianIMK yang baik dirasakan dan
dilakukan, yang melampaui definisi awal. Untukmengungkapkan
beberapa implikasi ini, akan sangat membantu untuk beralih
ke teori desain.
Berikut akunnya :
Akun Konservatif
Menurut desain akun ini, proses
desain seharusnya maju secara
bertahap dari abstrak(spesifikasi persyaratan) ke
kongkrit (menghasilkan artefak).
Akun Romantik
Tidak seperti konservatif,
desain akun romantis memberikan keunggulan
untuk perandesainer. Akun ini memelihara gagasan 'jenius kreatif', warisan Pencerahan, sebagai
reaksi terhadap rasionalisme
paradoks intrinsik romantisme sebagai sebuah gerakan.
Akun Pragmatis
Menurut akun pragmatis, desain adalah
tentang yang terlibat langsung dalam situasidesain tertentu. Hal
ini menyatakan bahwa desain selalu dilakukan di suatu
tempat pada khususnya.
Hubungan
antara penelitian dan desain :
Desain memiliki peran untuk bermain di
hampir setiap bagian dari penelitianjuga dalam
upaya yang tidak secara eksplisit berorientasi desain. Hal
ini melibatkanpeneliti dalam
merancang populasi subjek, merancang variabel independen
dandependen, dan kadang-kadang juga merancang lingkungan di
mana eksperimenberlangsung.
Batas Desain sebagai Ilmu
:
Dari perspektif desain sistem
interaktif, meniru ilmu-ilmu alam tampaknya menjadi pendekatan
yang benar. ilmu komputer umumnya dianggap sebagai ilmu
alam,karena algoritma komputer dapat dipelajari dan
diuji dengan cara yang sama seperti misalnya rumus
matematika, hukum alam, atau zat kimia.
Batas Desain sebagai Proses Transparan
:
Sebuah proses
desain berulang masih melibatkan desainer di seluruh tiga
proses analisis,sintesis, dan evaluasi, tetapi
tidak melakukannya secara linear. Menambahkan iterasimetode desain konservatif diperlukan karena
masalah jelas yang dihadapi desainer ketikamencoba
untuk menggunakannya;
Sketsa
sebagai desain prototip :
Untuk lebih baik menangkap
dan memahami sifat pekerjaan desain, menjadi
perlu untuk mempertimbangkan apa yang ada di tulisan
ini.diusulkan sebagai
kegiatan archetypical dilakukan di semua
pekerjaan desain, yaitumembuat sketsa. Di
sini, sketsa tidak akan dianggap sebagai alat, teknik, atau
keterampilan utama yang berguna yang tersedia
untuk desainer, melainkan sebagai cara di
manadesainer berpikir.
Sketsa sebagai Pemikiran Desain
:
Teori
desain biasanya memisahkan jenis sketsa yang kita akan
pedulikan dengan yang akan terjadi terutama di bagian
awal desain dan dibayangkan
sebagai terutama alat untukberpikirdan gambar yang
diproduksi di tahap-tahap selanjutnya, untuk komunikasi publik
dan sebagai alat bantu presentasi.
Prototyping,
Sketsa IMK :
Untuk keberhasilan sketsa, faktor yang
sering dikatakan adalah bahwa dalam bentuk
dasarnya memerlukan sangat sedikit dalam hal
dukungan teknologi (pada
kenyataannya,hanya pena dan kertas)
Peran
desain dalam penelitian IMK :
Desain merupakan pendekatan mapan dan luas dalam
penelitian IMK, tapi satu yang
cenderung menjadi tersembunyi di bawah teori akan ketergantungan konservatif adalah
data lapangan, pengujian pengguna, dan evaluasi yang
ketat.
Kesimpulan
:
Desain IMK akan terus berkembang dari waktu kewaktu secara
teknologi yang terus berkembang . penelitian dalam IMK harus bisa dibedakan dan
harus memenuhi kriteria dalam pembuatan desain maupun penelitiannya.
Komentar
Posting Komentar